Pelatihan Pengelolaan Makanan Dari Buah Pisang Bagi Ibu Rumah Tangga Kompleks Karantina Hewan, Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura

Penulis

  • Sian Linda Lerebulan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

Kata Kunci:

Pelatihan, Pengelolaan Makanan, Buah Pisang, Rumah Tangga

Abstrak

Pemanfaatan pisang sebagai hasil olah produk perkebunan belum banyak dilakukan masyarakat, Keberadaan buah pisang terutama yang telah lewat matang seringkali menjadi sampah atau terbuang. Fenomena ini dianggap perlu untuk disosialisasikan dan menyelenggarakan pelatihan dalam pemanfaatan pisang menjadi produk olahan bervariasi dan bernilai ekonomi. Upaya pemberdayaan bahan pangan local dapat memberikan konstribusi pangan dalam program diversifikasi konsumsi pangan yang sejak lama dicanangkanPelatihan ini dilakukan dengan target utama adalah kelompok pemuda atau karang taruna yang dapat membantu mendistribusikan pengetahuannya kemasyarakat luas. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa mitra sangat antusias. Beberapa peserta mengatakan bahwa naget pisang dapat menjadi salah satu kue yang akan dijual, sedangkan pie brownies sebagai hidangan lebaran dan akan dibuat sebelum ramadhan karena pendapat mitra bahwa pie ini bisa tahan lama, sehingga dapat dibuat jauh hari sebelumnya. Hal tersebut membuktikan bahwa peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, serta dapat meningkatkan keterampilan. meningkatkan wawasan mengenai pengolahan pisang telah tercapai, meningkatkan ketrampilan dalam pembuatan aneka produk pisang untuk nilai jual yang lebih tinggi dengan menginovasi produk antaralain bolen pisang, bolu kukus mekar pisang, kue kering pisang, nasi gurih pisang, sambal goreng pisang dan sate pisang.

Referensi

Cahyono, Bambang. (2016). Sukses Budi Daya Pisang Di Pekarangan Dan Perkebunan. Yogyakarta: Andi.

Cendawati. (2018). Kue Kering Favorit Tampilan Baru. Jakarta: Gramedia. Kuniawati, Nining. (2019). “Terhadap Sifat Organoleptik Bolu Kukus.” E-Journal Tata Boga 8 (1): 40–53.

Masesah, Lika, Ali Ibrahim Hasyim, Suriaty Situmorang. (2013). Analysis of Procurement of Raw Materials and Value-Added Banana Bolen in Bandar Lampung. 1 (4): 298–303.

Silfia, Sifia. 2012. “Pengaruh Substitusi Tepung Pisang Terhadap Mutu Kue Kering.” Jurnal Litbang Industri 2 (1): 43. https://doi.org/10.24960/jli.v2i1.599.43-49.

Wibisana, Rahmad. 2017. Meraup Untung Dengan Bisnis Olahan Pisang. Yogyakarta: Wangun Printik

Diterbitkan

14-08-2024

Terbitan

Bagian

Cendisia Vol 1 No 1 Maret 2024